Cilok, Cemilan disegala suasana

Minggu, Oktober 21, 2018


Hai pembaca! Terima kasih sudah menyempatkan berkunjung ke blog windisaras.com.

Kamu pasti udah nggak asing dengan makanan yang mendapat sebutan cilok (aci dicolok). Makanan yang hampir disukai hampir setiap kalangan, membuat cilok semakin beredar dimana-mana.
Tapi, kamu mungkin merasa kurang puas jika membeli cilok sepuluh ribu rupiah. Dengan uang sepuluh ribu rupiah kamu sudah bisa menghasilkan banyak cilok lhoo. Beneran.


Nah aku mau kasih tahu cara membuat cilok yang rasanya endolitah alias enak. Sebelumnya aku sudah pernah buat dan beberapa teman serta keluargaku sukaa dengan hasil racikan cilok ala chef amatir ini hohoho

Okee.. pertama kamu perlu siapkan bahan-bahannya dahulu yaa..

125 gram tepung tapioca atau sagu
125 gram tepung terigu
200 ml air panas mendidih
½ sdt gula pasir
¼ sdt merica
½ sdt kaldu bubuk
2 siung bwang putih (haluskan)
3 lembar daun jeruk (jika tidak suka, tidak apa tidak dipakai)
Garam dan air secukupnya untuk merebus

Cara membuat:
Seluruh bahan dicampur jadi satu kecuali daun jeruk dan tambahkan air panas kedalam adonan. Sebelum dicampurkan air, terigu dan sagu serta bumbu lainnya diaduk terlebih dahulu jadi satu.
Kemudian aduk adonan sampai bisa dibentuk dan tidak lengket.
Jika adonan sudah bisa dibentuk, mulai bulatkan adonan sedikit-demi sedikit sampai adonan habis dibentuk. Adonan yang sudah dibentuk langsung direbus sampai cilok mengapung pertanda cilok sudah matang. Angkat dan tiriskan. Cilok siap disantap.

Kamu dapat memakan cilok dengan saus kecap saja atau bisa juga dengan bumbu kacang. Jika, kamu mau menggunakan bumbu kacang, kamu dapat menyiapkan bahan-bahannya terlbeih dahulu.

Bahan bumbu kacang:
100 gram kacang tanah
7 buah cabai rawit merah
4 sdm gula merah
1 siung bawang putih
2 sdm air asam jawa
200 ml air
2 sdm minyak untuk menumis
Garam secukupnya.

Cara mmbuat bumbu kacang:
Cara membuatnya mudah banget. Kamu hanya perlu menghaluskan semua bahan kecuali garam dan minyak. Jika kamu tidak bisa mengulek untuk menghaluskan, kamu dapat memblender bahan-bahan hingga halus. Jika, sudah halus bumbu kacang kamu tumis hingga matang dan bumbu kacang siap dihidangkan bersamaan dengan cilok deh. Mudah kan?

Selamat mencoba.

Salam,

Anak bungsu!

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page