Kembangkan usaha Mikro Pedesaan Dengan Investasi Online Bersama Fintech Terpercaya

Jumat, November 16, 2018

Hai pembaca! Terima kasih sudah menyempatkan berkunjung. Semoga ada manfaat yang bisa kamu ambil dari blog aku ya hehe



Tulisan kali ini aku mau cerita mengenai investasi. Saat ini, investasi mungkin jadi pilihan banyak orang untuk dapat memperbanyak hartanya. Ada banyak cara berinvestasi, namun investasi yang menguntungkan adalah tidak hanya untung buat kita, tapi juga dapat bermanfaat untuk orang lain. Terlebih untuk mereka para pengusaha mikro di pedesaan.

Mereka para pengusaha mikro, yang masyarakatnya tidak terjangkau oleh bank, mungkin akan menemukan kesulitan jika ingin meminjam uang untuk mengembangkan usahanya, dengan alasan belum memiliki rekening bank atau tidak memiliki sejarah kredit yang bagus. Kesulitan-kesulitan seperti itulah yang seringkali dirasakan oleh para pengusaha mikro.

Hari sabtu kemarin, aku berkesempatan untuk dapat mengunjungi beberapa ibu-ibu pengusaha mikro di daerah Ciseeng-Bogor, Jawa Barat bersama dengan Amartha, dengan tajuk Amartha Village Tour. Merasakan terjun langsung ke lapangan membuat aku melihat banyak pengusaha mikro di pedesaan yang mungkin belum berkembang, karena keterbatasan biaya.


Dengan adanya pinjaman online dari Amartha sebagai Fintech terpercaya yang dapat memberikan pinjaman dengan cara peer to peer lending yang menghubungkan langsung para pemilik usaha dengan pemodal secara online.

Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan kata Fintech dan peer to peer lending, tapi aku akan sedikit menjelaskan.

Fintech atau Financial Technology yang merupakan sebuah inovasi pada bidang jasa keuangan, yang bertujuan untuk dapat mempermudah transaksi, memudahkan masyarakat untuk dapat mengakses produk-produk keuangan.
Peer to peer lending atau biasa disingkat dengan P2P Lending merupakan sebuah platform pinjam-meminjam uang yang dapat dilakukan secara online dengan transparasi dan keterbukaan informasi yang dapat membuat akses terhadap permodalan menjadi lebih mudah dan terjangkau.

Apa Itu Amartha?

Amartha merupakan sebuah lembaga keuangan mikro yang sudah berdiri sejak tahun 2010. Amartha memiliki misi untuk dapat menghubungkan pelaku usaha di pedesaan yang kesulitan mendapat modal usaha untuk dapat mengembangkan usahanya. Sekarang ini Amartha tumbuh menjadi fintech peer to peer lending yang dapat menghubungkan secara langsung, para pengusaha mikro dengan pemodal secara online.


Para investor yang menginvestasikan hartanya di Amartha dapat secara langsung memantau hasil yang didapat dan dapat memilih siapa saja yang ingin didanai oleh para investor. Dengan berinvestasi di usaha mikro, selain memberikan keuntungan materi, tapi juga dapat menciptakan dampak sosial dengan memakmurkan ekonomi masyarakat pedesaan.

Investasi Aman Dan Terpercaya

Sebelum kita berinvestasi pasti kita akan menilai keamanan investasi yang kita lakukan, dengan cara seperti apa uang kita dipergunakan oleh para pelaku usaha mikro.
Di Amartha untuk menyalurkan dana modal usaha menciptakan sistem berbasis kelompok pada suatu desa yang dapat menjadikan investasi lebih menguntungkan, juga dapat meminimalisir risiko investasi para pemberi modal usaha.

Di sini apabila ada anggota lain yang gagal bayar dalam kelompok tersebut, masing-masing anggota diwajibkan secara kolektif untuk bertanggung jawab membayar angsuran anggota lain yang gagal bayar. Hal tersebut disebut dengan tanggung renteng.

Satu kelompok biasanya terdiri dari 15-25 orang dalam satu wilayah. Anggota kelompok yang terbentuk adalah hasil dari rekomendasi ibu-ibu para pengusaha mikro di desa tersebut. Tau dong gimana solidnya ibu-ibu pedesaan jika sudah kumpul bareng? Sehingga dalam kelompok tersebut tidak ada kesenjangan sosial.

Para investor dapat memilih, usaha mikro mana yang ingin diberikan modal usaha, sehingga investor dapat memberikan berdasarkan sektor usahanya hingga skoring perimbangan risiko. Para investor juga dapat bertemu langsung dengan para calon peminjam, saat tim Amartha melakukan kunjungan ke desa.

Para Investor dapat memilih usaha mikro mana yang ingin didanai

Akad pinjamannya pun akan jelas, akan dipergunakan untuk apa uang pinjaman dan kepada siapa dana pinjaman kita berikan.

Para investor akan mendapatkan imbal hasil rata-rata 15% sesuai dengan mitra usaha yang di danai. Untuk memulai investasi, dana yang diinvestasikan juga tidak terlalu besar, yaitu 3 juta rupiah. Nominal yang terbilang cukup ringan bagi para pemula investasi. Dengan 3 juta rupiah kamu sudah bisa berinvestasi di sektor yang menguntungkan, juga dapat membantu memakmurkan ekonomi para pengusaha mikro di pedesaan. Selain memberikan modal usaha kepada para pengusaha mikro, Amartha juga memberikan pelatihan cara penjualan sampai pembukuan, agar lebih terarah.

Saat aku berkunjung ke daerah Ciseeng, Bogor- Jawa Barat, aku berkunjung ke tiga para perempuan tangguh pengusaha mikro pedesaan.

Ibu Ratna


Ibu Ratna sedang menganyam keset
Ibu Ratna adalah salah satu pengusaha keset anyaman. Dahulu ibu Ratna mengalami kesulitan dalam mengembangkan usahanya karena keterbatasan biaya, sampai akhirnya dijangkau oleh tim Amartha, ibu Ratna mendapatkan pinjaman modal usaha yang akhirnya dapat mengembangkan usaha kesetnya, sehingga ibu Ratna juga dapat memberdayakan ibu-ibu sekitar yang ingin belajar menganyam keset sekaligus mendapatkan penghasilan tambahan.
Dari hasil menganyam keset, ibu Ratna berhasil merenovasi rumahnya menjadi lebih nyaman.

Ibu Lilies


Ibu Lilies Pengusaha Pengrajin Besi
Berkat tambahan modal dari Amartha, ibu Lilies sekarang ini yang merupakan pengusaha pandai besi, sudah mempunyai 3 karyawan. Barang yang diproduksi juga beragam, mulai dari pisau, arit, golok dan lain sebagainya peralatan yang terbuat dari besi.

Ibu Apsiah


Ibu Apsiah Peternak Ikan Cupang
Ibu Apsiah adalah pengusaha mikro dengan ternak ikan cupang. Modal usaha yang didapat dari Amartha sebagai modal awal adalah sebesar 500 ribu rupiah, untuk memulai usaha ternak ikan cupang. Berkat ketelatenan dalam berternak ikan cupang, bu Apsiah sekarang ini sudah memiliki kios di Pasar parung, Jatinegara, dan juga di Blok M. Bu Apsiah awal pertama bergabung dengan Amartha adalah tahun 2011.

Untuk teman-teman yang ingin memulai investasi dengan cara online dan aman serta dapat memberikan dampak sosial yang nyata bagi warga pedesaan bisa langsung mengakses website amartha.com dan segera berinvestasi dengan 3 langkah mudah: Daftar, telusuri, transfer.

Yuk investasi untuk masa depan lebih terjamin.

Perjalanan Amartha Village Tour juga didukung oleh c2live



Salam,

Anak Bungsu!

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page