Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dari Bermain Media Sosial

Kamis, November 15, 2018

Generasi millenial pastinya sudah tidak asing lagi dengan media sosial. Hampir setiap orang yang mempunyai ponsel pintar bisa dipastikan mereka memiliki akun media sosial.

Banyak tujuan dari penggunaan media sosial, seperti sebagai tempat bersosialisasi dengan pengguna media sosial lainnya, bahkan tak jarang kita bisa mendapatkan teman akrab dari media sosial.



Ada juga yang bermain media sosial untuk berjualan, saat ini berjualan melalui media sosial terbukti dapat menaikkan omzet penjualan, oleh karenanya tak jarang orang yang memulai bisnisnya dengan memasarkan barang jualanannya melalui media sosial. Atau ada juga orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kampanye kegiatan positif secara online.

Namun, meskipun pengguna media sosial sudah menjamur di Indonesia, para penggunanya terkadang masih abai dengan aturan tidak tertulis yang harus diperhatikan.

Memang media sosial dapat menjadi wadah kebebasan berpendapat, akan tetapi jika pendapat yang diutarakan menyalahi aturan atau malah menyebarkan berita tidak benar (HOAX) hal itu justru dapat menjadi boomerang untuk diri kita sendiri. Oleh karenanya, ada hal-hal yang harus diperhatikan dalam bermain media sosial.

KRITIKAN ATAU HINAAN?

Dalam bermain media sosial mungkin kita akan mendapati kritikan-kritikan dari apa yang kita bagikan, atau bahkan diri kita yang sedang mengkritiki suatu karya seseorang. Mengkritisi sesuatu, boleh saja, karena kita tinggal di negara demokratis yang membolehkan kebebasan berpendapat. Akan tetapi kita perlu memperhatikan kalimatnya, karena kita harus tahu perbedaan antara kritikan dengan hinaan, jangan sampai salah-salah yang kita bagikan adalah hinaan yang dapat menyalahkan aturan dalam bermain media sosial. Jika kamu merasa tidak setuju dengan sesuatu, kamu bisa utarakan dengan cara yang lebih bijak dan beradab.

STOP SPAM

sumber: anriel design
Media sosial memang menjadi salah satu sarana untuk berbagi informasi, akan tetapi jika kamu terlalu sering berbagi informasi sehingga dapat membanjiri timeline temanmu dengan postingan yang mungkin saja mengganggu atau berisi hal-hal yang tidak bermanfaat, bisa jadi kamu akan tidak disukai oleh followers kamu, jadi sebaiknya sebelum kamu membanjiri timeline orang lain, kamu pikirkan terlebih dahulu sebelum postingan kamu direport sebagai spam oleh followers kamu.

KONFIRMASI POSTINGAN YANG INGIN DIBAGIKAN
sumber: fotola
Belakangan ini seringkali kita menemukan berita bohong atau biasa dikenal dengan berita hoax yang disebarkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Berita hoax tersebut biasanya tersebar tanpa adanya konfirmasi kebenarannya terlebih dahulu, sehingga berita tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Jika kita sebagai pembaca berita-pun harus berhati-hati jangan sampai kita termakan berita palsu yang akhirnya malah ikut-ikutan dalam menyebarluaskan berita palsu tersebut.

Jadi, jangan sampai kita mudah terpengaruh terhadap berita-berita yang tersebar. Konfirmasi terlebih dahulu kebenaran beritanya. Kita harus bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial. Ada banyak hal baik yang dapat kita sebarkan di media sosial. Seperti dalam menyebarkan kreatifitas karya yang kamu punya, sehingga media sosial yang kamu punya dapat menjadi portofolio yang dapat berguna di kemudian hari.

Hal ini juga dilakukan oleh Wempy Dyocta Koto investor dari tanah minang, sebagai Founder sekaligus CEO Wardour and Oxford dalam postingan instagramnya Wempy Dyocta Koto  mengajak teman-teman untuk bisa lebih bijak dalam menggunakan media sosial.



Karena, fenomena hoax, penyebaran informasi palsu dan kebohongan di internet adalah hal yang harus kita lawan dengan tegas dan tanpa toleransi, karena hal ini bertentangan dengan nilai-nilai agama dan Pancasila Tulis Wempy dalam postingan instagramnya @wempydyoctakoto (18/11).

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page