Harus Tetap Patuhi Protokol Kesehatan Saat Menjalani Fase New Normal

Senin, Juni 22, 2020

Haii kamuu..


Iya kamu yang lagi baca tulisan ini, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan baik ya.

Gimana rasanya beberapa bulan harus bertahan di rumah aja? Bosan ya? Tenang nggak cuma kamu aja kok yang merasa jenuh selama di rumah aja. Pasti banyak juga yang merasakan hal yang sama. Walau begitu kamu harus tetap semangat menjalani hidup ya!


Setelah kurang lebih 3 bulan lamanya kita menjalani PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa wilayah di Indonesia, khususnya Jakarta dikarenakan global pandemi akibat adanya virus Covid-19 yang mewabah di seluruh penjuru dunia, sampai-sampai beberapa negara ada yang sempat kewalahan menghadapi wabah ini termasuk Indonesia, hingga faktor ekonomi pun ikut kacau karena harus terpaksa berhenti beroperasi selama PSBB diberlakukan.

Untuk memperbaiki keadaan yang kian memprihatinkan karena beberapa sektor industri harus terhenti, akhirnya awal Juni kemarin PSBB di Jakarta berakhir dan diberlakukan fase baru, yaitu fase "new normal".

Menurutku fase new normal adalah fase dimana keadaan belum benar-benar normal karena virus belum benar-benar berakhir, namun keadaan dibuat seakan sudah kembali normal demi membangkitkan ekonomi yang sempat terpuruk.

Saat ini industri di berbagai bidang sudah mulai beroperasi kembali dengan nuansa baru dan tetap mengikuti protokol kesehatan yang diberlakukan. Tempat-tempat wisata juga sudah mulai dibuka.
Tapi, meski banyak tempat sudah dibuka kembali di fase new normal kita harus tetap waspada untuk menghindari menyebarnya virus covid-19. Sebisa mungkin kita tetap hindari tempat ramai, contohnya kawasan wisata yang mungkin langsung diserbu oleh banyak orang karena merasa sudah sangat bosan selama 3 bulan full harus tetap di rumah aja.

Pada fase new normal ini, kamu juga tetap harus menjaga kesehatan, karena kita tidak tahu dimana virus itu bersembunyi, jangan sampai kita ceroboh karena keadaan sudah kembali seperti semula hingga akhirnya tertular atau menjadi carrier virus tersebut. Naudzubillah.

Karena kita sudah mulai kembali beraktivitas di luar rumah, kamu jangan lupa untuk selalu membawa perlengkapan sebagai pelindung diri ya. Kira-kira perlengkapan apa saja sih yang harus dibawa ketika beraktivitas di luar rumah selama fase new normal? Check it out:

1. Hand Sanitizer

Sumber gambar:tribunnews.com
Ini salah satu perlengkapan yang penting banget untuk kamu bawa ya. Karena hand sanitizer lebih praktis dipakasi dikeadaan saat kita tidak menemukan air untuk mencuci tangan. Tapi, kalau kamu mudah menemukan tempat cuci tangan, sebisa mungkin tetap cuci tangan saja ya, karena efeknya lebih bagus dari hanya sekadar memakai hand sanitizer. Tetap jaga kebersihan tangan ya gaess..

2. Masker

Sumber gambar:Suara.com

Masker juga paling nggak boleh ketinggalan banget, baik masker medis atau masker bahan yang non medis. Tetap gunakan masker kemana pun kamu pergi, sekali pun hanya pergi ke alfa depan rumah. Kalau pergi yang agak jauh dari rumah, misal ke kantor pastikan membawa masker cadangan juga ya dan untuk yang pakai masker sekali pakai pastikan untuk tidak membuang sampah maskernya sembarangan.

3. Peralatan Makan & Botol Minum

Kalau benda ini sih tidak hanya dibawa saat fase new normal saja, tapi usahakan kita selalu biasankan membawa peralatan makan dan botol minum sendiri untuk mengurangi sampah di bumi.

4. Semprotan Disinfektan

Untuk lebih menjaga kebersihan setelah memakai hand sanitizer atau cuci tangan, kamu juga bisa membersihkan benda di sekitar kamu yang biasa kamu pegang dengan menyemprotkan cairan disinfektan ini supaya virusnya mati sebelum hinggap di tubuh manusia.

5. Tisu Basah & Tisu Kering

Kamu juga perlu sedia tisu basah dan tisu kering nggak hanya saat fase new normal saja. Karena, kedua benda ini seringkali kita butuhkan diwaktu yang tak terduga. Apalagi kalau perginya sama anak kecil, pasti sangat dibutuhkan sekali. Eh tapi.. kalau masih fase new normal kalau bisa tahan dulu ya untuk bepergian dengan bayi, balita, atau anak kecil karena mereka masih sangat rentan.

6. Sabun Cair

Nah ini juga wajib kamu bawa selain hand sanitizer. Kenapa harus bawa sabun cair kalau sudah bawa hand sanitizer? Karena, cuci tangan dengan sabun itu lebih baik dibanding hanya menggunakan hand sanitizer. Mana tau pas kamu mau cuci tangan, di sana sedang tidak ada sabun cuci tangan. Jadi, jangan lupa dibawa ya kalau kamu mau bepergian.

7. Tas Belanja Lipat

Tas belanja atau semacam goodie bag sebenarnya sudah diwajibkan untuk membawanya sebelum adanya wabah covid-19 ini. Untuk mengurangi sampah plastik, maka setiap orang sudah diharuskan membawa kantong belanjanya sendiri. Tapi, masih banyak juga masyarakat yang anggap sepele sampah plastik yang sulit terurai, sampai akhirnya hanya segelintir masyarakat yang peduli untuk mengurangi sampah plastik. Nah karena saat ini keadaan sedang tidak baik-baik saja, alangkah baiknya kalau kamu bawa kantong belanja sendiri untuk mencegah tertularnya virus dan juga untuk membantu menjaga lingkungan dari sampah plastik.

8. Helm Pribadi

Untuk helm pribadi saat ini memang sudah wajib bawa bagi mereka yang menjadi penumpang ojek pangkalan maupun ojek online sebagai antisipasi mencegah penyebaran virus covid-19.


Saat kita sudah membawa perlengkapan tersebut, apakah kita sudah bisa mulai bersantai dan percaya diri kalau kita sudah pasti terhindar dari virus yang sedang mewabah?

Ohhh tentu tidak cabelita. Jangan menyombongkan diri, hanya karena kita sudah membawa perlengkapan kesehatan, lalu kita merasa menjadi orang yang paling sehat dan terbebas dari tertular virus. Tapi, semoga upaya yang sudah kita lakukan dapat mencegah kita dari tertularnya virus covid-19.

Selain kamu harus membawa perlengkapan yang tadi aku sebutkan di atas, pastikan keadaan tubuh kamu tetap dalam keadaan sehat wal afiat ya. Nggak demam, batuk, sakit tenggorokkan atau rasa sakit yang lainnya. Kalau kamu sedang kurang sehat tahan diri untuk keluar rumah dulu dan tetap di rumah aja.

Kamu nggak perlu khawatir dan bingung misal kamu sedang kurang sehat dan tidak bisa keluar rumah, kamu tetap bisa membeli obat dengan mudah tanpa harus keluar rumah.Cukup menggunakan satu aplikasi Halodoc kebutuhan obat untuk kesehatan kamu akan terpenuhi walau tetap #DiRumahAja. Cukup dengan melakukan pemesanan beli obat di aplikasi halodoc, pilih obat yang kamu butuhkan dan tunggu tetap di rumah aja, obat yang kamu pesan akan segera sampai ke rumahmu. Semudah itu gaess!

Halaman awal aplikasi Halodoc
Tak hanya memudahkan kita untuk membeli obat saja, melalui aplikasi halodoc kamu juga bisa chat langsung dengan dokter yang sesuai dengan kebutuhan kamu, mulai dari dokter umum, sampai dengan dokter berbagai spesialis. Kamu juga bisa membuat janji dengan dokter di rumah sakit yang kamu pilih. Lebih serunya lagi, di aplikasi halodoc juga ada berbagai artikel yang bisa dibaca free mengenai berbagai info kesehatan. Mulai dari kesehatan mental, diet, kecantikan, makanan sehat sampai dengan pertumbuhan balita. Sehingga kita mudah mendapatkan informasi yang kita butuhkan.

Buat kamu yang sangat peduli dengan kesehatan diri dan ingin meyakinkan bahwa diri kamu sehat dan negatif virus covid-19, aplikasi Halodoc juga menyediakan layanan rapid test Jakarta. Kamu bisa membuat janji dengan mudah secara online dengan rumah sakit yang kamu pilih. Harganya bervariatif mulai dari 295.000 rupiah dan bisa kamu pilih sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Rapid tes Jakarta
Semua sudah serba mudah, tinggal kitanya tetap menjaga kesehatan diri dan mari sama-sama kita bekerjasama untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di bumi pertiwi. Semoga keadaan segera membaik dan kita selalu diberi kesehatan, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.



Salam,


Anak bungsu!






You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page