Melepaskan Penat Di Kebun Raya Bogor

Sabtu, September 19, 2020


Haii pembaca…

Kalian ngerasain juga nggak ya kalau tahun 2020 berlalu sangat cepat dengan kondisi yang nggak baik-baik saja. Sudah kondisi sedang rumit, masih saja suka banyak berita hoax yang berseliweran, sampai publik dibuat kebingungan akan fakta yang sebenarnya.

Hmm.. tapi, yasudahlah ya karena kita harus tetap menjaga kesehatan serta imun tidak melemah, aku lebih memilih untuk tidak ambil pusing terhadap berita yang bikin aku jadi bingung dan akhirnya cuma hanya menambah beban pikiran. Terlepas dari virus yang ada saat ini karena konspirasi atau bukan, aku tidak terlalu memikirkannya. Yang tetap aku yakini hanya, pentingnya untuk selalu menjaga protokol kesehatan kapan pun dan dimana pun. Tidak hanya saat sedang ada wabah saja, tapi dalam kondisi bumi pertiwi sedang baik-baik saja, protokol kesehatan akan tetap menjadi prioritas.

Jujur aku yang suka banget jalan dan tiba-tiba menemui situasi yang tidak membuat kita bebas untuk kesana kemari lagi cukup membuat aku sedikit stress. Akhirnya setelah diberlakukannya masa New Normal dan beberapa tempat wisata sudah mulai buka kembali, aku rasanya pengen langsung menyusun rencana perjalanan kesana kemari lagi.

Tapi, aku masih tetap mengurungkan niat untuk pergi ke tempat yang jauh. Nggak harus wisata ke tempat yang jauh sih, minimal aku bisa ke tempat wisata refreshing liat alam bebas juga udah senang. Plus yang paling penting adalah, tempat wisata yang akan dikunjungi juga sudah menerapkan protokol kesehatan.

Setelah menimbang akan wisata kemana, aku pun memutuskan hanya wisata ke Kebun Raya Bogor. Walaupun masih hanya di sekitaran wilayah Jabodetabek, tapi sudah bisa melahirkan kesenangan dalam jiwa dan tetap bisa menjaga kewarasan di tengah kerumitan hidup.

Kebun Raya Bogor tuh menurut aku bisa menjadi salah satu tempat alternatif dengan harga terjangkau untuk hanya sekadar melepas penat. Kalian yang menyukai alam dan ingin mengenal banyak tumbuhan dari beberapa negara mulai dari Indonesia sampai Venezuela juga bisa bertamsya bersama keluarga atau pasangan di Kebun Raya Bogor.

Aku yang sudah beberapa kali memasuki kawasan Kebun Raya Bogor rasanya tidak pernah merasa bosan untuk tidak lagi pergi kesana. Selalu terdapat rindu untuk bisa menghirup udara di antara pohon-pohonnya yang rindang dan beberapa sudah berumur ratusan tahun.

Kalian yang mungkin juga ingin berlibur ke Kebun Raya Bogor di era new normal, wajib tahu nih beberapa hal berikut!

Pesan Tiket Online


Pertama yang harua dilakukan sebelum mengunjungi Kebun Raya Bogor, aku sarankan untuk membeli tiket terlebih dahulu secara online melalui https://tiketkebunraya.id/ticket/shop/1. Keuntungan yang bisa kalian dapatkan saat membeli tiket secara online adalah apabila pengunjung hari itu penuh, kamu tetap bisa masuk saat sudah mencheckout tiket melalui online.

Karena, di masa new normal pengunjung di Kebun Raya Bogor juga dibatasi untuk menghindari terjadinya kerumunan. Harga tiket masuk perorang adalah Rp.15.000. Kalian juga bisa membeli tiket bundling dengan harga yang bervariatif. Tiket bundling masuk + kopi dikenakann tarif Rp. 25.000, tiket masuk + sewa bus Rp. 35.000,atau bisa juga membeli tiket bundling masuk + sewa sepeda keranjang selama 1 jam Rp. 35.000.

Parkir

Kalau kalian bersama keluarga ingin pergi ke Kebun Raya Bogor pada hari Sabtu, Minggu, atau hari libur nasional dengan membawa kendaraan roda 4 atau mobil, siap-siap untuk mencari parkiran di luar kawasan Kebun Raya. Karena, Kebun Raya Bogor pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional tidak memperbolehkan mobil parkir di dalam Kebun Raya. Waktu itu aku mendapatkan parkiran mobil juga cukup jauh dari pintu masuk Kebun Raya, jadi mau tidak mau harus jalan kaki dari tempat parkir sampai Kebun Raya. Parkiran yang waktu itu aku dapat sekitaran Royal dan dikenakan harga parkir Rp. 25.000.
Untuk kalian yang hanya membawa motor tenang saja karena masih bisa parkir di kawasan Kebun Raya, sehingga tidak perlu repot-repot mencari tempat parkir.

Sewa Bus, Sepeda, atau Car Golf

Melihat Kebun Raya Bogor yang sangat luas, jika harus berjalan kaki untuk mengelilingi Kebun Raya Bogor rasanya cukup melelahkan. Supaya kalian tetap bisa melihat keseluruhan koleksi tanaman di Kebun Raya Bogor, kalian bisa naik bus, menyewa sepeda atau sewa car golf. Untuk harga naik bus wisata jika beli tanpa bundling dikenakan tarif Rp. 25.000 per orang. Untuk sewa sepeda dan car golf aku kurang tau untuk harganya, karena kemarin yang aku naikin hanya bus dan hanya tahu harga bus kelilingnya saja.


Berkeliling Kebun Raya Bogor  menaiki bus wisata menghabiskan waktu sekitar 20 menitan. Disana kita akan dijelaskan setiap koleksi tumbuhan. Ada tumbuhan kaktus, pakis, dan yang paling unik ada terdapat pohon pasangan yang tumbuh berdampingan serta sudah berusia ratusan tahun.


Di Kebun Raya Bogor, selain kita bisa menikmati tumbuhan, kita juga bisa menikmati koleksi krangka hewan pada museum zoologi. Masuk museum zoologi gratis. Di museum zoologi juga terdapat tengkorak ikan paus terbesar. 

Fasilitas di Kebun Raya Bogor juga terbilang oke dan terawat dengan baik. Untuk muslim juga disediakan mushola untuk pria dan wanita. Musholanya bersih dan mukena yang disediakan juga bersih. Untuk toilet aku kurang tau bagaimana kondisinya, karena aku tidak ke toilet saat itu.

Segitu dulu deh ya ulasan aku mengenai Kebun Raya Bogor. Oiya..saat kalian ingin berwisata ke Kebun Raya Bogor, pastikan juga untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, mencuci tangan atau gunakan hand sanitizer, dan juga berjaga jarak antar pengunjung yaa.

Selamat bewisata!



Salam,


anak bungsu!
 

You Might Also Like

1 komentar

  1. Gerald Davis uses CAD software program to design and develop merchandise for his clients at Please send your questions and comments to cator.com. An accurate flat format helps with materials planning and value estimating. Material planning allows for Pet Supplies Services the prediction of the financial order quantity as described in Part II of this series. Known also as alodine or chemical movie, this process immerses parts in a chemical bathtub till a coating has formed.

    BalasHapus

Facebook Page