Bangga dengan produk kerajinan Indonesia di pameran Kriya Nusa 2019

Sabtu, September 14, 2019


Hai Pembaca...

Sebagai warga negara yang cinta sama negaranya, aku mau kepo dong sama kalian. Seberapa Indonesianya kamu sih?

Beberapa hari lalu, tepatnya tanggal 9 September 2019, aku mendapatkan pertanyaan seperti itu yang dilontarkan oleh seorang MC dalam sebuah acara. Sang MC memberikan challenge dengan memberikan pertanyaan tersebut kepada seluruh tamu undangan dalam acara Temu Netizen #KriyaNusa2019 di Kembang Goela Restaurant, Jakarta yang diadakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama dengan DEKRANAS (Dewan Kerajinan Nasional Indonesia). Challenge yang diberikan adalah seberapa sih Indonesianya kita dalam menggunakan produk lokal asli Indonesia yang kita kenakan pada hari itu.

Beberapa peserta yang hadir ada yang outfitnya dari atas sampai bawah memakai produk lokal Indonesia hasil kerajinan daerah lhoo. Ada yang memakai lurik sampai dengan memakai baju adat Papua (rok rumbai & hias rumbai pada kepala). Kalau aku sendiri memakai produk lokal buatan ibu sendiri heheh

Sebagai warga negara Indonesia tentunya aku bangga karena Indonesia tidak hanya memiliki keragaman budaya, tapi juga memiliki keragaman kerajinan yang bagus dan unik bahkan ada beberapa kerajinan yang kualitasnya sudah diakui internasional ,diantaranya adalah Tapis Lampung, Ulos Sumatera Utara, Mebel Kayu Jepara, sampai dengan perhiasan Mutiara Lombok.


Acara "Temu Netizen #KriyaNusa2019" ini diadakan dalam rangka menyambut pameran #KriyaNusa2019 yang diadakan setiap tahun dan tahun ini diadakan pada tanggal 11-15 September 2015 di Balai Kartini Jakarta.

Apa sih pameran kriya nusa itu?


Jadi, kriya nusa adalah pameran kerajinan terbesar yang diselenggarakan tahunan oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas).
Kerajinan Indonesia ini menjadi modal bagi Indonesia untuk sukses di pasar internasional.

Kamu tahu tidak? Kalau produk kerajinan Indonesia yang diekspor di tahun 2018, menghasilkan hingga 1,2 juta dollar AS bagi devisa Indonesia. Aku sebagai warga negara tentunya bangga dongg, karena produk kerajinan Indonesia juga bisa bersaing di kancah Internasional.

Untuk terus melestarikan kerajinan Indonesia, Dekranas tentunya juga memiliki komitmen untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk kerajinan Indonesia dengan menjaga keberadaan dan kontinuitas produksi produk kerajinan melalui peningkatan keterampilan pada generasi muda. Melakukan pembinaan produk melalui peningkatan kualitas, desain, produksi dan penggunaan teknologi baru agar dapat meningkatkan daya saing. Serta menanamkan rasa cinta dan bangga masyarakat Indonesia terhadap penggunaan produk kriya Indonesia, mempromosikan produk kerajinan terbaik dari seluruh daerah di Indonesia dalam rangka meningkatkan pangsa pasar hasil produk kerajinan daerah melalui pameran, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Untuk kamu yang  ingin melihat serta membeli produk kerajinan Indonesia dari berbagai daerah tanpa harus mengunjungi daerahnya, mumpung masih ada waktu bisa banget nih kamu mengunjungi pameran #KriyaNusa2019 di Balai Kartini, Jakarta.


Tema Kriya Nusa tahun ini adalah "Peningkatan Daya Saing Produk Kerajinan Melalui Pengembangan Kreatifitas dan Kewirausahaan."

Ada banyak beragam produk kerajinan Indonesia yang hadir pada pameran Kriya Nusa 2019, diantaranya adalah tekstil, keramik, serat alam, batu-batuan, logam, kayu, bahan baku alam, bahan baku alam olahan sampai dengan lukisan. Terdapat 246 stand dari berbagai daerah yang bisa kamu lihat koleksi kerajinan daerahnya.

Kriya Nusa 2019 tahun ini diadakan hanya sampai dengan tanggal 15 September 2019 saja. Jadi, mumpung masih ada waktu nih yukk ajak keluarga mendatangi Kriya Nusa 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Sedikit bocoran nih aku kasih lihat gambar produk yang ada di Kriya Nusa 2019 biar kamu makin penasaran dengan keindahan produk kerajinan Indonesia dan makin ingin datang ke pameran #KriyaNusa2019






Yuk ke #KriyaNusa2019 100% CINTA KRIYA INDONESIA.


You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page