Bela Negara Bukti Semangat Patriotisme

Sabtu, Maret 09, 2019

Blogger Bela Negara

Sebagai seorang warga negara, pastinya aku juga memiliki rasa peduli terhadap negara dimana tempat aku lahir dan tumbuh menjadi seperti sekarang ini. Aku selalu senang dengan hal-hal yang dilakukan untuk kemajuan negeri. Misal, gerakan peduli terhadap pendidikan.

Adanya campaign Bela Negara, juga merupakan suatu campaign yang sangat baik untuk masyarakat agar lebih mencintai negaranya. Bela Negara sendiri merupakan suatu sikap yang dilandasi dengan semangat patriotisme seseorang atau seluruh komponen berdasarkan pancasila dan UUD 1945 dalam kepentingan mempertahankan eksistensi serta menjaga kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya.

Dalam pelaksanaan Bela Negara, tidak melulu tentang angkat senjata, tapi dengan menyebarkan berita baik melalui sosial media juga termasuk dalam bela negara. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam aksi Bela Negara, bisa melalui pendidikan, moral, sosial maupum peningkatan kesejahteraan masyarakatnya.

Seperti halnya Bela Negara yang dilakukan oleh salah satu artis tanah air yang namanya sudah tidak asing lagi, yaitu Dimas Beck. Artis yang juga termasuk dalam personel grup band Bukan Bintang Biasa ini melakukan aksi Bela Negara melalui dunia pendidikan.


Sebagai bentuk cinta tanah air, Dimas Beck ikut andil dalam penggalangan dana untuk pembangunan sekolah di kota Solo bagi anak-anak penderita HIV/AIDS. Target dana yang sedang dikumpulkan mencapai 100 juta, dengan tenggat waktu satu minggu pengumpulan.

“Saat ini dana yang terkumpul sudah mencapai 97 juta” ucap Dimas Beck pada saat event Bela Negara 6 Maret 2019 lalu di Wayang Bistro, Mal Kota Kasablanka, Jakarta.

Rencananya sekolah yang akan dibangun juga akan menjadi rumah bagi anak-anak dengan HIV/AIDS. Sekolah tersebut dibangun juga karena tidak ada sekolah yang mau menerima siswa dengan HIV/AIDS. Semoga dengan dibangunnya sekolah khusus tersebut, mereka yang masih usia wajib belajar dapat meraih kesuksesan di masa yang akan datang.

Pada acara Ayo Bela Indonesiaku yang diadakan pada tanggal 06 Maret 2019 di Wayang Bistro, Kota Kasablanka, tidak hanya dihadiri oleh artis Dimas Beck saja.Tapi juga dihadiri oleh Bapak Prof. Dr.Ir. Bondan Tiara Sofyan, M.Si selaku Dirjen Pothan, Kemhan, Republik Indonesia, Ibu Brigjen TNI. Tandyo Budi Revita, S.Sos selaku Direktur Bela Negara, Ditjen Pothan Kemhan, RI., dan Putri Pariwisata Indonesia 2017, Karina Nadila juga turut hadir untuk mendukung aksi Bela Negara.
 
dari kiri ke kanan (Bapak Bondan Tiara Sofyan, Karina Nadila,  Ibu Tandyo Budi Revita, dan Dimas Beck) 
Tujuan diadakannya aksi Bela Negara adalah untuk mempertahankan Negara dari berbagai ancaman, menjaga keutuhan wilayah negara, mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara dengan menjalankan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945 supaya identitas dan integritas bangsa/negara tetap terjaga.

Dalam Bela Negara, wanita cantik Karina Nadila yang menjadi putri pariwisata Indonesia tahun 2017 juga ikut berperan dengan ikut berkontribusi dalam mengajar anak-anak di wilayah 3T (Tertinggal. Terdepan dan Terluar). Karina dan Dimas menjadi pemuda yang patut dicontoh karena meskipun memiliki kesibukan yang luar biasa padat, tapi masih mempedulikan negaranya.

Kita juga bisa melakukan aksi Bela Negara seperti yang dilakukan oleh Karina dan Dimas. Misal, dengan ikut melestarikan kekayaan budaya, terutama kebudayaan daerah yang beraneka ragam, sehingga dapat mencegah adanya pengakuan dari negara lain yang menyebutkan kekayaan daerah Indonesia sebagai hasil kebudayaan asli mereka.

Bagi para pelajar juga bisa mewujudkan Bela Negara dengan sikap rajin belajar, sehingga akan memunculkan sumber daya manusia yang cerdas yang mampu menyaring berbagai informasi. Yang demikian masyarakat tidak akan mudah terpengaruh dengan adanya informasi yang menyesatkan dari budaya asing.

Ayo Bela Indonesiaku!

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page