Wisata dan Kuliner Surabaya yang Harus Kamu Cicipi

Kamis, Desember 05, 2019


Haii pembaca..

Setelah aku menyelesaikan skripsi yang jujur saja bikin aku sedikit stress karena ada saja cobaannya, mulai dari sulitnya menemukan responden, sampai dengan lamanya menunggu waktu proses meminta tanda tangan kaprodi karena ada saja sedikit kesalahan yang ditemukan tiap kali mau minta tanda tangan huhu. Alhamdulillah sekarang semuanya sudah selesai dan rasanya itu legaaa banget.plong aja gitu, satu kewajiban telah terselesaikan.
Sewaktu aku masih dalam keruwetan mengerjakan skripsi, aku selalu mengatakan pada diri aku sendiri kalau setelah skripsi selesai, aku harus menghibur diri dengan pergi liburan. Entah kemana liburannya, yang penting aku bisa liburan. Rasanya tidak masalah kalau aku baru bisa liburan mengelilingi pulau Jawa dulu. Masih banyak sekali destinasi dan kuliner di pulau Jawa ini yang belum aku kunjungi. Salah satunya Surabaya. Kota yang terkenal dengan lambang ikan sura dan buaya tersebut cukup menarik perhatianku untuk masuk ke dalam list destinasi liburanku.
Sebenarnya sudah dari dulu aku ingin sekali mengunjungi Surabaya, aku ingin sekali main menengok seperti apa sih jembatan Suramadu yang menghubungkan kota Surabaya dan Madura itu?
Di Surabaya dulu juga masih ada teman yang tinggal di sana untuk menyelesaikan pendidikannya di salah satu Perguruan Tinggi  Negeri di Surabaya. Tapi, sayangnya sampai dia lulus aku masih belum kesampaian menginjakkan kaki kesana. Tidak mengapa, mungkin memang belum waktunya.
Apa sih yang membuat aku ingin sekali melakukan perjalanan ke Surabaya?
Ya tentu saja karena tempat wisata dan kulinernya!
Kalau aku memiliki kesempatan mengunjungi Surabaya, aku ingin sekali mengunjungi beberapa tempat wisata di sana dan mencicipi beberapa makanan khas Surabaya yang keliahatannya sangat menggoda.

Wisata Surabaya

Pantai Ria Kenjeran Park 

sumber gambar:pantainesia.com
Salah satu tempat wisata yang ingin aku kunjungi di Surabaya adalah pantai Ria Kenjeran Park. Aku ingin sekali bisa menikmati sunrise dan sunset di sana sambil menikmati air kelapa hijau di tepi pantai. Uuh syahdu sekali rasanya.

De Mata Trick Eye Museum

sumber gambar:jejakpiknik.com
Karena aku suka foto-foto, aku juga ingin sekali mengunjungi museum De Mata Trick Eye Museum. Jadi, di sana adalah museum 3 dimensi yang dapat menciptakan ilusi pada mata sehingga dapat terlihat hidup dan seperti nyata. Koleksi gambar 3 dimensi yang disajikan di sana juga banyak dan ada kita bisa juga berfoto dengan beberapa tokoh dunia terkenal juga. Kira-kira tokoh dunianya ada siapa saja ya?

Monumen Kapal Selam (Monkasel)

Sumber gambar:monkasel.id
Aku yang suka sekali dengan sejarah, rasanya sayang jika aku ke Surabaya melewatkan untuk berkunjung ke Monumen Kapal Selam (Monkasel). Surabaya yang mendapat julukan Kota Pahlawan pasti banyak peristiwa penting yang terjadi di sana. Aku yang belum pernah melihat wujud asli kapal selam, di sana aku akan menjumpai kapal selam sungguhan yang diberi nama KRI Pasopati 410 yang pada jamannya pernah digunakan dalam pembebasan Irian Barat dari Belanda.

 Kuliner Surabaya

Kalau tadi aku sudah membahas beberapa tempat yang ingin aku kunjungi saat aku ke Surabaya, pastinya aku juga mau membahas kuliner khas Surabaya yang juga wajib aku cicipi.

Rujak Cingur

Dari lahir sampai lulus kuliah, aku penasaran banget sama yang namanya rujak cingur. Penasaran karena namanya yang menurut aku sedikit aneh. Rujak Cingur itu makanan seperti apa? Setelah aku telusuri ternyata rujak cingur merupakan makanan asli khas kota Surabaya. Walaupun namanya rujak, tapi ternyata tidak seperti rujak pada umumnya yang makannya dicolek dengan sambal rujak yang terbuat dari cabai dan gula merah. Isian dari rujak cingur sendiri adalah kacang panjang, lontong, tahu, tempe, kangkung, tauge, mangga muda, nanas, kedondong dan cingur. Rujak cingur ini disajikan dengan bumbu yang dibuat dari campuran petis udang, cabai, serta kacang tanah yang diulek jadi satu.

Lontong Balap

Selain rujak cingur, ada juga nih kuliner khas Surabaya yang nggak boleh terlewat, yaitu lontong balap. Dari namanya saja rasanya sudah cukup membuat penasaran. Lontong balap? Lontongnya balapan apa gimana?
Hehe ternyata setelah mencari tahu, lontong balap itu sajian lontong dengan tahu goreng, tauge, lentho, bawang goreng, kecap dan sambal yang dipadu dengan kuah segar. Dapat disantap dengan lezatnya sate kerang dan segelas es kelapa muda. Duh lapar.
Setelah aku menyelesaikan skripsi tahun ini, giliran tahun depan nih rasanya aku ingin merealisasikan untuk berkunjung ngebolang ke Surabaya. Biasanya kalau aku sudah punya rencana liburan, aku sudah mempersiapkannya dari jauh-jauh hari. Dimulai dari mencari tiket, penginapan, dan destinasi wisata yang akan aku kunjungi.
Semua itu aku persiapkan secara online. Seperti cari tiket pun sudah semakin mudah, dapat dipesan melalui beberapa jasa penjualan tiket online. Salah satu jasa penjualan tiket perjalanan online yang aku pakai adalah Pegipegi yang juga memiliki fitur pembelian tiket pesawat. Melalui Pegipegi aku bisa langsung memesan tiket pesawat Jakarta Surabaya dengan penawaran banyak promo tiket pesawat yang bisa aku dapatkan.
Sumber gambar:pegipegi.com

Sebentar lagi tahun 2019 akan segera berganti, kalian sudah ada rencana liburan kemana nih? Yuk ah liburan bareng, cicipin rujak cingur asli langsung di kotanya, Surabaya.

Salam,

Anak bungsu!



You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page