Tips Jitu Menjadikan Konten Dibaca Oleh Banyak Warganet!

Kamis, Agustus 24, 2017

Kalau kita sebagai seorang penulis konten atau content writer atau kita sebagai seorang blogger, pastinya pengen banget kan tulisan kita dibaca banyak orang. Apalagi isi konten kita bisa bermanfaat untuk mereka. Beuh.. seneng banget pasti!


Aku pun juga gitu, pengen banget tulisan-tulisan aku di media online dibaca oleh banyak warganet. Dengan semakin terus meningkatnya jumlah pengguna internet di Indonesia, maka semakin banyak orang yang membagikan informasi melalui media digital. "Dulu dan sekarang sudah sangat berubah" ucap Pak Titis, selaku Head of Content brilio. Kalau dulu mungkin banyak yang membaca surat kabar, sekarang mungkin hanya segelintir orang yang masih membaca surat kabar. Sedangkan berita di internet lebih cepat tersebar.

Kalian bisa lihat, berikut  grafik pertumbuhan pengguna internet di Indonesia berdasarkan data dari APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia).

Grafik pertumbuhan pengguna internet di Indonesia

Namun terkadang kita suka bingung, konten seperti apa sih yang disukai oleh generasi masa kini?

Tanggal 19 Agustus 2017 kemarin, aku bersama denga komunitas Indonesian Social Blogpreneur atau ISB mendapat kesempatan untuk hadir dalam acara sharing session Brilio Corner  yang diadakan oleh Brilio.net .



Brilio.net merupakan portal media online yang menjadikan generasi millenials sebagai sasaran pembacanya. Brilio.net menyajikan berbagai konten humor, human interest, inspiratif, dan juga buat penasaran.

Aku mendapatkan beberapa tips agar konten dibaca oleh banyak orang atau menjadikan tulisan kita menjadi tulisan yang viral. Tipsnya aku dapatkan dari mas Andry Trysandy selaku Reporter Brilio.net.

Andy Trysandy

selain memeberikan konten yang pas dan disukai oleh audience, kita juga harus perhatikan beberapa hal berikut agar konten dibaca oleh banyak warganet.

Bersahabat Dengan Media Sosial

sumber: satupiece.wordpress.com

Dizaman yang semakin melek teknologi, udah nggak sama lagi keadaan antara dulu dan sekarang. Kalau dulu mungkin anak SD masih banyak yang main petak umpet, sekarang? Mobile legend yang dimainin.

Bahkan anak SD selain bermain game melalui gadget, mereka juga tak mau ketinggalan bermain di media sosial seperti, facebook atau instagram. Hal seperti ini aku temukan pada anak murid ku sendiri yang masih SD. Entah ya itu sebenarnya sesuatu yang baik atau tidak, tapi kalo tanpa pengawasan orang tua tentu itu bukan hal yang baik, karena anak masih belum bisa menyaring mana yang baik dan tidak.

Oke, kembali lagi bersahabat dengan media sosial.

Nah dizaman dengan semakin banyaknya orang yang menggunakan media sosial, kita seenggaknya minimal punya 3 medsos, untuk membagikan tulisan kita, kepada banyak warganet. selain untuk membagikan tulisan, kita juga bisa mendapatkan berbagai informasi menarik yang tersebar di media sosial.

Sosial media itu udah seperti cara paling ampuh dalam menyebarkan informasi.

Melihat Sisi Lain Dari Sebuah Peristiwa
  
Maksudnya melihat sisi lain tuh, kayak misalnya kemarin kan HUT RI ya.. dimana-mana ada lomba, kalau yang lain mengulas berita lombanya, coba kita ulas sejak kapannya lomba itu mulai diadakan? Atau asal-usulnya dari mana sih diadakannya lomba?
Dengan melihat sisi lain dari sebuah peristiwa, kita akan menciptakan konten yang berbeda.

Meme 

sumber: brilio.net

Sekarang banyak sekali orang yang suka dengan meme. Sampai sampai ada yang buat akun sosial media isinya hanya meme. Lucu sih, aku juga kadang suka sama meme. Tapi inget, kalo buat meme jangan sampai yang menyinggung orang lain yaa. Nah dengan meme, kalian bisa selipkan meme pada tulisan kalian agar tampilannya lebih menarik.

Siapa Bilang Anak Muda Nggak Peduli Lingkungan?

Jangan salah! anak muda sekarang banyak lhoo yang peduli terhadap lingkungan. Jadi coba kita gali konten yang berhubungan dengan lingkungan.


Cari Informasi Yang Bernilai Praktis

Buat tulisan yang bermanfaat dan disukaai pembaca. Informasi-informasi yang sederhana dan dibutuhkan oleh pembaca. Misalnya, "5 Sajian Yang Dapat Dimasak Dengan Rice Cooker. Anak Kos Wajib Coba!". Hal seperti itu kan sangat sederhana, dan mungkin itu hal yang dibutuhkan oleh anak kos. Yaa walaupun mungkin listriknya bakalan membengkak hueheheh


Brilio Corner

Selain tips di atas, kalian juga harus perhatikan saat kalian menulis sebuah konten, jangan buat konten yang menyinggung apalagi sampai merugikan orang lain. Hindari yang namanya berita HOAX. Jadi kalau kalian ingin menulis informasi, kalian juga harus kaji dari berbagai sumber agar tidak menimbulkan berita hoax. OK ;)

Itu dia beberapa tipsnya, udah tahu tipsnya. Tinggal nerapinnya yang kadang sulit hehe.. yang paling utama buang rasa malasnya dulu deh 😄

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page