6 Fakta Unik Tentang Suku Penguasa Kutub Utara Yang Jarang Diketahui

Kamis, Juli 20, 2017

Kutub Utara adalah menjadi salah satu tempat terdingin kedua setelah Kutub Selatan di planet bumi, dengan temperature suhu rata-rata -34 derajat celcius. Walaupun Kutub Utara menjadi salah satu tempat terdingin bukan berarti tidak ada makhluk yang tinggal di dalamnya. Kutub Utara memiliki penduduk asli yang dikenal dengan suku Eskimo.
kalimatlangit.blogspot.co.id
 Eskimo memiliki dua kelompok besar, yaitu Yupik (di barat Alaska dan timur jauh dari Rusia) dan Inuit (di utara Alaska, Kanada dan Greenland). Eskimo tinggal dalam beberapa kelompok keluarga, yang di dalamnya terdapat beberapa ratus anak-anak Eskimo yang dianggap sebagai “harta” dan jarang dihukum. Tapi bukan berarti mereka dimanja.
Laki-laki berperan untuk mengendalikan kereta luncur anjing, berburu makanan, mendayung perahu, dan membangun tempat penampungan. Sedangkan peran seorang istri yang paling penting adalah untuk membuat pakaian keluarga yang hangat. Mereka juga harus menjaga anak-anak, memasak untuk keluarganya, dan bahkan membantu tugas suaminya.
Tidak hanya sampai di situ ternyata suku Eskimo memiliki fakta-fakta unik yang jarang diketahui lhoo. Fakta unik suku Eskimo diantaranya adalah:

1.      Pakaian
Pakaian orang Eskimo berbeda dengan kita yang menggunakan pakaian dari kain, orang Eskimo menggunakan pakaian yang terbuat dari kulit hewan. Kulit hewan yang biasa mereka gunakan adalah Karibu, Anjing laut, atau Rubah Arktik. Yang menjadi favoritnya adalah kulit Karibu. Walaupun pakaian mereka terbuat dari kulit hewan, mereka tetap memiliki gaya yang bervariasi dari daerah ke daerah. Namun tetap memiliki kombinasi yang sama di setiap daerah, jaket berkerudung, celana panjang, kaos kaki, sepatu bot, dan sarung tangan. Dimusim dingin mereka mengenakan dua lapis pakaian, sedangkan dimusim panas mereka mengenakan satu lapis pakaian.

2.      Tempat tinggal
Suku Eskimo tinggal disebuah rumah unik yang terbuat dari es. Bangunan tersebut bernama igloo. Seluruh bagian rumah terbuat dari es yang tidak mudah mencair. Mereka hanya membuat igloo pada saat musim dingin akan datang, karena saat musim panas igloo akan mencair. Meskipun igloo terbuat dari es, suhu di dalam ruangan tetap hangat dan nyaman untuk dijadikan tempat tinggal selama musim dingin, karena tidak terpengaruh dengan suhu di luar yang mencapai -45 derajat celcius.

3.      Kepercayaan
Suku Eskimo memiliki kepercayaan yang setiap komunitasnya memiliki seorang wanita dan pria yang diyakini mempunyai kekuatan yang diyakini dapat berkomunikasi dengan roh-roh. Orang Eskimo menyebut mereka dengan “angatkuq” dan orang kulit putih menyebutnya dengan  “shaman”. Mereka mencoba untuk menyembuhkan orang sakit, membawa cuaca baik, dan umumnya memperbaiki kondisi masyarakat.

4.      Proses Pemakaman
Orang Eskimo yang mengalami kematian akan diletakkan di tundra (tanah beku sepanjang tahun tetapi mencair selama musim panas) serta dibungkus dalam kulit hewan yang akan dikelilingi oleh lingkaran batu serta peralatan lainnya dan akan di tempatkan di samping tubuh bagi jiwa untuk digunakan dalam dunia berikutnya. Kemungkinan mayat-mayat akan tetap utuh, karena tidak ada bakteri hidup di daerah pada suhu negatif. Hal itu dikarenakan orang Eskimo percaya bahwa manusia maupun hewan punya jiwa yang hidup di dunia lain setelah kematian.

5.      Mata Pencaharian
Mata pencaharian Eskimo adalah dengan berburu binatang, seperti beruang dan serigala. Mereka juga mendapatkan makanan dengan cara memancing ikan, yang kemudian ikan tersebut di konsumsi dalam keadaan mentah. Teknik berburu yang dilakukan suku Eskimo terbilang unik dalam memburu serigala yaitu dengan menggunakan pisau yang sangat tajam dan direndam dalam darah hewan lain. Darah yang menyelimuti pisau itu dbiarkan membeku. Selanjutnya pisau yang sudah dilumuri darah beku tersebut, ditanam di dataran tinggi tempat serigala sering bermain. Pisau itu ditanam dengan posisi bagiaan ujung (mata pisau) mencuat keatas. Trik seperti itu dilakukan agar serigala yang datang akan mengendus-endus bau darah yang menyelimuti mata pisau dan menjilatinya, sehingga dengan sendirinya lidah serigala akan terluka oleh mata pisau. Dinginnya udara Kutub Utara tidak akan membuat serigala merasa sakit, meski ia menjilati pisau yang tajam dan darahnya sendiri. Yang akhirnya serigala akan mati lemas karena kehabisan darah. Selain itu suku Eskimo juga bercocok tanam tapi bukan di es melainkan di tanah, perlu kalian ketahui bahwa Kutub Utara daratannya berupa tanah yang diselimuti es yang beberapa akan mencair saat musim panas.

6.      Bahasa
Suku Eskimo Inuit berbicara dengan bahasa Inuktitut, sedangkan suku Eskimo Barat Alaska, Yupik berbicara dengan bahasa yup’ik. Keduanya memiliki kesamaan dialek dan dialek Inuktitut paling barat dianggap merupakan bentuk dari dialek yup’ik.

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page