5 Makanan Pokok Selain Nasi Yang Harus Kamu Tau!

Rabu, Juli 19, 2017

Kalian pasti sudah tau kan kalau makanan pokok yang dikenal oleh rakyat Indonesia adalah nasi yang terbuat dari beras. Tapi ternyata dibeberapa daerah yang juga di Indonesia masih ada lhoo yang tidak menjadikan nasi sebagai makanan pokok mereka.

Berikut saya  akan membahas beberapa makanan pokok selain dari pada nasi atau makanan yang tidak terbuat dari beras. Beberapa jenis makanan ini berasal dari beberapa wilayah, yaitu:

1.      Nasek Empog
 
pict: tanaman-top.blogspot.co.id
Nasek Empog atau nasi jagung adalah makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Madura. Bahan utama pembuatan makanan ini adalah jagung. Jagung yang dipilih untuk membuat nasi empog biasanya jagung yang sudah tua karena akan menjadikan nasi empog lebih gurih.

Cara pembuatan nasi empog terbilang mudah, namun butuh kesabaran dalam pembuatannya.
Pertama jagung tua yang telah disiapkan dipisahkan dari tunggulnya dan kemudian ditumbuk hingga halus, hasil tumbukan dicuci sampai bersih dan kemudian direndam selama kurang lebih 3 hari 3 malam.
Setelah tiga hari, cuci kembali beras jagung yang telah direndam dengan air bersih lalu tiriskan. Setelah kering, tumbuk kembali agar menjadi lebih halus, dan terakhir tepung jagung dimasak dengan air seperti memasak beras pada umumnya.

2.      Ubi Jalar
pict: kttsumbermulyo.blogspot.co.id

Ubi jalar adalah salah satu makanan yang juga mengandung karbohidrat seperti nasi. Oleh sebab itu ubi jalar dapat dijadikan makanan pokok pengganti nasi.
Penduduk daerah Jayawijaya menjadikan ubi jalar sebagai makanan pokok mereka. Biasanya ubi jalar mereka olah dengan cara dibakar atau direbus.

3.      Papeda 
pict: bello.id

Pernahkan kamu mendengar makanan papeda? Mungkin jarang yang pernah mendengar makanan yang menjadi makanan pokok di Maluku dan Papua. Papeda berbeda lhoo yaa dengan ikan peda. Papeda di sini juga bukan makanan yang ada di sekolah SD saat ini. Bahan utama dari papeda adalah sagu. Makanan ini mempunyai tekstur bubur yang terasa lengket sekilas terlihat seperti lem.
Sagu yang digunakan untuk membuat papeda adalah yang terdapat di dalam batang tubuh pohon sagu atau rumbai. Sari yang didapatkan dari batang sagu inilah yang digunakan untuk memasak papeda. Sari itu lalu disimpan dan dikeringkan hingga berbentuk menyerupai tepung.
Yang kemudian diolah dengan dicampurkan sejumlah air, kemudian ditambahkan garam dan gula kedalamnya. Larutan adonan kemudian direbus, dan tambahkan sisa tepung sagu kering kedalamnya, dan kemudian diaduk hingga rata dan berubah menjadi warna bening.

4.      Bubur Jewawut
pict: kriselewi.blogspot.co.id

Jewawut adalah jenis tumbuhan serelia seperti padi dan gandum. Tanaman jewawut dapat diolah menjadi berbagai macam olahan makanan seperti bubur, nasi, bahkan dodol. Namun, bagi masyarakat Biak Numfor  jewawut dapat diolah menjadi bubur yang dipercaya baik bagi ibu hamil maupun bayi yang telah memakan makanan pendamping ASI.

5.      Gembili
pict: imgrum.org

Suku Kanum yang berasal dari Marauke adalah salah satu masyarakat yang memakan gembili sebagai makanan pokok.
Gembili adalah salah satu umbi-umbian yang tumbuh di daratan Papua. Gembili memiliki bentuk yang lebih besar dari umbi-umbian lain dan memiliki daun yang berduri.
Tekstur gembili sama dengan singkong yaitu berwarna putih namun dagingya lebih kenyal.
Suku Kanum biasa mengkonsumsi gembili dengan cara dibakar atau direbus.

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page