Kenyamanan dan Keamanan Transportasi Umum Yang Semakin Baik

Selasa, Oktober 22, 2019



Sejak beberapa tahun lalu aku adalah  salah satu masyarakat yang sangat bergantung pada transportasi umum. Dan pastinya sebagai pengguna angkutan massal, aku juga mengharapkan keamanan dan kenyamanan dalam perjalanan. Salah satu alasanku menggunakan transportasi  umum adalah untuk ikut serta mengurangi kemacetan di Ibu Kota.

Transportasi umum dari tahun ke tahun juga semakin baik. Pemerintah menjawab segala permasalahan masyarakat dalam penggunaan transportasi umum untuk terus memberikan keamanan, kenyamanan, serta keselamatan bagi para penumpangnya.

Mungkin banyak masyarakat yang enggan untuk menggunakan transportasi umum dikarenakan waktu menunggu yang terlalu lama, keamanan dalam angkutan umum yang meresahkan, serta terganggunya kenyamanan dalam perjalanan.

Aku melihat dengan banyaknya keluhan masyarakat dalam menggunakan transportasi umum, pemerintah secara bertahap juga ikut memperbaiki segala fasilitas untuk dapat memberikan keamanan dan kenyamanan bagi para pengguna transportasi massal, agar semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan angkutan massal, sehingga kemacetan yang ada terus semakin berkurang.



Aku merasakan sekali perubahan angkutan massal yang fasilitasnya terus membaik. Sejak aku duduk di Sekolah Menengah Pertama aku sudah menggunakan angkutan massal. Pada saat itu aku menumpangi angkutan kereta api. Kereta api jabodetabek pada saat aku SMP belum senyaman saat ini. Perubahannya sangat terasa sekali kereta api jabodetabek pada tahun 2006 dengan 2019. Jika, dahulu naik kereta api masih terganggu kenyamanannya, saat ini sudah semakin dibuat nyaman dengan penggunaan AC di setiap kereta. Keamanan juga lebih terjamin dengan diberlakukannya pintu otomatis di setiap gerbong kereta dan kereta sudah benar-benar tertib menjadi kereta penumpang, bukan dicampur dengan barang dan hewan, seperti ayam dan bebek.

Aku sebagai salah satu pengguna kereta api tentu merasa sangat senang melihat perubahan yang ada. Aku juga jadi merasa lebih aman dan nyaman saat menumpanginya.



Tidak hanya kereta api saja, transportasi umum yang lainnya juga semakin baik. Seperti adanya MRT kendaraan massal yang super nyaman dan super cepat. Angkutan kota (angkot) juga semakin nyaman dengan diubahnya menjadi jak lingko, yang membuat para supir angkot tidak lagi berlama-lama ngetem dan tidak ugal-ugalan di jalan sehingga aku merasa lebih aman dan nyaman saat menumpanginya. Belum lagi dengan adanya bis Transjakarta yang semakin memudahkan kita untuk bepergian kebeberapa daerah di Jakarta.



Dengan semakin terjaminnya keamanan, kenyamanan dan keselamatan dalam menggunakan transportasi umum. Dikutip dari detik.com pada tanggal (9/8/2019) Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan bahwa “Jumlah penumpang kendaraan umum massal meningkat secara drastic dan diproyeksikan pada tahun 2019 bisa mencapai angka 280 juta penumpang, atau bahkan mungkin bisa mencapai 300 juta penumpang”

Perbaikan transportasi umum ditanda dengan meningkatnya penumpang pengguna angkutan massal setiap tahunnya. Menurut catatan Anies Baswedan pengguna transportasi umum ditahun 2017 hanya sekitar 180 juta penumpang. Angka kenaikan tersebut menunjukkan keberhasilan pemerintah dalam memajukan transportasi unggul, Indonesia maju.

Untuk mengetahui capaian 5 tahun kerja Kementerian Perhubungan kamu bisa kunjungi:
Website kemenhub:


Sosial media:

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page