7 Hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara

Sabtu, Maret 16, 2019



“Neng mau pakai helm nggak?”

Di atas adalah pertanyaan singkat yang seringkali aku dengar setiap aku mau naik ojek. Kenapa abang ojeknya menanyakan hal tersebut? sedangkan menggunakan helm termasuk sebagai salah satu road safety yang harus dipatuhi.

Hal itu karena, tak jarang abang ojek menemukan penumpang yang menolak untuk menggunakan helm dengan berbagai alasan. Alasan yang paling seringkali didengar adalah karena jaraknya yang tidak jauh dan bukan termasuk kawasan dengan pengawasan polisi.

Memang fenomena yang kita lihat, hampir rata-rata orang Indonesia memilih untuk memakai helm karena takut terhadap polisi, bukan merupakan kesadaran sendiri yang peduli untuk keselamatan dirinya. Padahal tingkat kecelakaan kendaraan darat tidak sedikit kita temui akibat dari kurangnya pengamanan dalam berkendara.


Data di atas yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) terlihat bahwa angka kecelakaan kendaraan darat di Indonesia terus mengalami naik turun, akan tetapi sangat sedikit sekali mengalami penurunannya. Kecelakaan berkendara dapat terjadi saat kita tidak memperhatikan keselamatan dalam berkendara.

Kalau diperhatikan sebenarnya ada banyak sekali himbuan keamanan dalam berkendara, tapiii nih tapiiiii masih saja ada yang mengabaikan. Huft~

Aku mencoba untuk positive thinking, mungkin mereka yang belum patuh terhadap keamanan dalam berkendara kali aja masih belum tahu apa saja yang menjadi aturan keselamatan dalam berkendara. Ada 7 hal yang harus kamu patuhi sebelum berkendara untuk mengantisipasi terjadinya kecelekaan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara:

1.    HELM
Sumber gambar: Andriyesmalini
Yes! Helm ini sangat penting sekali memang bagi pengguna kendaraan bermotor roda dua. Walaupun jaraknya dekat atau bukan termasuk daerah yang ada polisi, kita harus tetap menggunakan helm jika mengendarai kendaraan sepeda motor. Perlu kamu tau gaess.. menurut data dari Kementerian Perhubungan ada sekitar lima ribu pengendara sepeda motor yang mengalami kecelakaan dan tewas akibat tidak gunakan helm. Jarak jauh atau dekat, kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan.
Jadi, yuk antisipasi sebelum terjadi. Jangan lupa pakai helm yaaa..

2.     KECEPATAN

Saat kita sedang terburu-buru mungkin yang kita pikirkan hanya untuk bersegera sampai tujuan tanpa mempedulikan kendaraan yang sedang kita kendarai. Aku pernah nih lihat kendaraan yang terlalu ngebut itu rasanya aku yang malah was-was. Kendaraan yang suka ngebut di jalan itu kadang bisa meresahkan pengendara lainnya lhoo gaess. Selain itu bisa mengancam nyawa kamu juga jika terjadi kecelakaan tiba-tiba.
Padahal nih ya gaess, Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan peraturan yang mengatur penetapan kecepatan dalam berkendara untuk keselamatan lalu lintas.

sumber gambar: otomania
Peraturan yang dibuat oleh Menteri Perhubungan adalah No.11 Tahun 2015. Pada pasal 3, ayat 1 dan 2 disebutkan bahwa setiap jalan memiliki batas kecepatan yang berbeda, yaitu:

Pertama, jalan yang bebas hambatan jika arus lancar,  memiliki batas kecepatan minimal 60km/jam dan maksimal 100km/jam. Berbeda untuk jarak antar kota yang memiliki batas kecepatan maksimal 80km/jam.

Kedua, jika merucut di dalam kota dan lancar, batas kecepatan paling tinggi, yaitu 50km/jam, tapi jika di kawasan pemukiman, kecepatan maksimal berubah menjadi 30kmjam.

Nahh.. sekarang sudah tahu kan berapa batas kecepatan yang seharusnya kamu patuhi?

3.    JANGAN MABUK DAN MENGANTUK

sumber gambar: aktual.com
Pernah kan ya ada berita kecelakaan kendaraan roda empat yang diduga pengemudi sedang dalam keadaan mabuk?

Nah nah ini bahaya nih! Saat sedang dalam keadaan mabuk pikiran kita akan mengalami penurunan fokus, sedangkan dalam berkendara kita harus dalam keadaan fokus dan sadar. Begitu juga dengan mengantuk. Saat kita merasakan kantuk, sebaiknya kita istirahat dahulu sesaat sebelum melanjutkan perjalanan.

4.     SEAT BELT

sumber gambar: motorbiru.wordpress.com
Kalau pengendara bermotor roda dua wajib memakai helm, untuk pengendara roda empat atau mobil sangat wajib sekali nih untuk gunakan seat belt atau sabuk pengaman. Jangan abaikan penggunaan seat belt yaa gaess, karena bisa saja hal sederhana yang kamu patuhi dapat menyelamatkan nyawa kamu.

5.     BERI PENJAGAAN TERHADAP ANAK

sumber gambar: tribunnews
Sebagian dari kita pasti pernah berkendara sambil membawa anak. Saat kita membawa anak, jangan lupa untuk berikan penjagaan keselamatan untuk si kecil. Misal untuk yang membawa anak menggunakan mobil, jangan lupa untuk pasangkan seat belt untuk si kecil atau jika anak masih terlalu sangat kecil, coba untuk sediakan baby car seat portable di dalam mobil kamu. Untuk pengendara sepeda motor roda dua, jangan lupa ajarkan anak untuk selalu gunakan helm sebelum berkendara dan jika si kecil duduk di belakang kita, usahakan untuk beri pengamanan sedemikian rupa agar anak tidak terjungkal ke belakang.

6.     NO HANDPHONE
sumber gambar: tokopedia.com

sering banget nih aku melihat masih banyak pengendara yang dengan santainya main ponsel saat sedang berkendara. Aku tuh suka gemes pengen tarik ponselnya kalau lihat orang seperti itu. Main ponsel sambil berkendara juga bisa menghilangkan fokus lho. Jadi, please hati-hati. Nggak usah deh mainin ponsel dulu kalau masih nyetir. Misal ada telepon sekali pun, jika kamu tahu itu adalah panggilan penting, lebih baik kamu untuk menepi sesaat untuk mengangkat telepon. Nggak mau kan pada saat sedang asyik telepon terjadi kecelakaan pada diri kamu?

7.   JANGAN MELAWAN ARUS 

seumber gambar: oto.detik
Kalau sedang terburu-buru atau jalur utama terkena macet, segala cara bisa saja dihalalkan, termasuk melawan arus.

Duh duh melawan arus itu berbahaya lhoo gaess. Ada berapa banyak kecelakaan yang terjadi akibat melawan arus? Mending patuhi rambu deh untuk keselamatan lalu lintas. Termasuk patuhi juga traffic light. Kalau lupa arti warna dari traffic light akan aku ingatkan, merah itu tanda harus berhenti. Kuning itu peringatan bahwa sebentar lagi mau ganti warna. Dan hijau itu tanda harus jalan. So, kalau lampunya belum berubah warna hijau, tolong untuk tetap berhenti dan jangan menerobos. Bahaya tauk!

Naah itu dia 7 hal yang harus banget kamu perhatikan sebelum berkendara. Kalau sudah paham dan sudah siap, cuss kita kemana?

Selamat beraktivitas sobat ;)


Salam,


Anak Bungsu! 

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page