Yukk.. Kawal Harta Negara Bersama BPK

Selasa, Februari 06, 2018


Permasalahan korupsi di Indonesia masih menjadi permasalahan yang belum terselesaikan hingga saat ini. dari 176 negara, Indonesia tercatat mendapatkan peringkat ke-90 menurut laporan tahunan Indeks Persepsi Korupsi yang dikeluarkan oleh Transparansi Internasional pada 25 Januari 2017.

Tingkat korupsi yang tinggi membuat harta Negara menjadi tidak aman dan pastinya rakyat kecil yang akan terkena dampaknya jika harta Negara dikorupsi oleh mereka para koruptor kelas kakap Indonesia. Padahal masih ada daerah di Indonesia yang kondisinya masih memprihatinkan.


sumber: jurnalpatrolinews.com

Karena, banyaknya tindak korupsi di Indonesia maka dibentuklah lembaga Negara untuk menindak tegas terjadinya korupsi, yaitu Komisi Pemberantas Korupsi (KPK). Selain KPK, harta Negara juga perlu untuk dikawal agar dapat meminimalisir tindak korupsi di pemerintahan. Maka, dibentuklah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) pada 1 Januari 1947.

Lalu, apa itu BPK?

BPK atau Badan Pemeriksa Keuangan merupakan salah satu lembaga Negara yang memiliki tugas untuk memeriksa pengelolaan dan bertanggung jawab terhadap keuangan Negara.

BPK juga memiliki Visi dan Misi. Visi BPK, ingin menjadi pendorong pengelolaan keuangan Negara untuk mencapai tujuan Negara melalui pemeriksaan yang berkualitas dan bermanfaat. Sedangkan Misi dari BPK adalah memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan Negara secara bebas dan mandiri, serta melaksanakan tata kelola organisasi yang berintegritas, independen, dan professional.

BPK memiliki tiga nilai dasar dalam menjalankan tugasnya yang akan menjadi pedoman untuk bekerja sampai saat ini. Yaitu, Inependensi, Integritas dan Profesionalisme.

BPK berwenang untuk menentukan objek, merencanakan dan melaksanakan pemeriksaan, juga berwenang untuk meminta keterangan dan atau dokumen yang wajib diberikan oleh setiap orang, unit organisasi, pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun lembaga Negara lainnya.


sumber: moneter.co.id
BPK memiliki manfaat yang sangat penting dalam keselamatan keuangan Negara, jika keuangan Negara terselamatkan dari kecurangan korupsi, maka Negara dapat memiliki anggaran yang cukup untuk membangun infrastruktur di daerah-daerah terpencil di Indonesia. Selain itu, dengan hadirnya BPK maka akuntabilitas public semakin baik, sehingga kita tahu keuangan Negara dipergunakan untuk apa saja.

Kita juga bisa bersama BPK ikut andil dalam mengawal harta Negara. Bagaimana caranya?

Mudah saja, dengan cara langsung membuat permohonan atau pengaduan melalui beberapa mekanisme. Bisa dengan datang langsung, bisa juga dengan disampaikan via email/ surat cetak, atau melalui website BPK
Pada tahun 2016, ada sebanyak 934 laporan yang masuk dari permohonan masyarakat. Laporan terbanyak dating dari perorangan atau individu sebanyak 497 laporan.

Nah, dengan kita ikut memberikan laporan kepada BPK, maka kita sudah ikut andil dalam mengawal dan menyelamatkan harta Negara. Cara paling mudah dalam melapor adalah dengan mengakses website BPK dan langsung menuju ke halaman pengaduan dan isi beberapa data yang ditampilkan lalu isi pengaduan dan unggah berkas bukti.

Tapi, ingat! Saat kita mengajukan pengaduan kita juga harus menguraikan kejadian serta pasal-pasal terkait.

Semoga kehadiran BPK dapat meminimalisir penyalahgunaan uang Negara yang dilakukan oleh oknum nakal dan bersama BPK kita dapat ikut andil dalam mengawal keuanga Negara.
   

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page