Ternyata Beda Lhoo Antara Jilbab, Hijab, dan Khimar...

Selasa, November 22, 2016

(Photo from google)

Kali ini gue mau bahas tentang apa sih bedanya jilbab, hijab, dan khimar??
Karena ternyata masih banyak yang belum tau perbedaan 3 benda tersebut, hingga yang namanya khimar itu disebut jilbab atau hijab. padahal itu berbeda, sangat berbeda. Namun karena masyarakat luas lebih sering menyebutnya sebagai jilbab ataupun hijab, jadi deh jadi deh khimar itu dikenal sebagai jilbab dan hijab.

cusss.. cekidott.. ini dia bedanyaaaa...

Jilbab itu adalah busana muslim terusan panjang yang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki, dan wajah yang biasa digunakan oleh para wanita muslimah. Jadi jilbab adalah pakaian yang longgar yang dijulurkan ke seluruh tubuh hingga mendekati tanah. Inget yaa kawan yang LONGGAR.
Seperti yang telah dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al-Ahzab ayat 59. yuuk mari liat Al-Qur'annya, baca terjemahannya, pahami maknanya, amalkan dalam kehidupan. ok!

Lalu apa itu hijab?
Hijab biasanya lebih sering merujuk pada kerudung yang biasa digunakan oleh wanita muslimah. Padahal hijab sebenarnya bukan itu lhoo kawan.
Hijab menurut Al-Qur'an adalah penutup secara umum. Dapat berupa tirai pembatas, papan pembatas atau aling-aling lainnya untuk membatasi.
Jadi hijab itu adalah sesuatu yang menutupi atau menghalangi dirinya.
Sekarang udah tau kan apa itu hijab? So, jangan sampai salah mengartikan lagi yaa kawan :)

Dan yang terakhir adalah khimar.
Karena ternyata masih banyak yang belum tau apa itu khimar. Karena aku pengalaman, saat aku menyebutkan khimar masih banyak yang suka bertanya-tanya "khimar apa win?" duh kalo udah ditanya gitu tepok jidak deh gue, karena gue harus menjelaskan dengan panjang lebar.
Jadi, khimar itu bahasa arabnya, bahasa indonesianya yaa kerudung. Khimar itu menutupi kepala, leher, dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan.
Jadi kalau pakai khimar jangan yang dililit-lilit yaa kawan karena akan membentuk lekuk tubuh kalian wahai muslimah. Pakailah hingga menutupi dada, okee dear ;)

Tapi nih yaa ada juga yang berpendapat kalau khimar berbeda dengan kerudung. Ada yang berpendapat kalau kerudung hanya menutupi kepala saja, tidak sampai menutupi dada.
Entahlah yaa..

Pokonya pakai jilbab kalian dan pakai khimar kalian untuk menutupi aurat dari laki-laki yang bukan mahram kamu yaa shalihat. ingat! jangan pakai pakaian yang ketat yess ^^

Okeee... sekian dulu pembahasan jilbab, hijab, dan khimarnya.. Semoga bermanfaat :)

You Might Also Like

0 komentar

Facebook Page